Aspek dari keamanan Jaringan




Garfinkel dalam “Practical UNIX & Internet Security” mengemukakan bahwa keamanan komputer (computer security) melingkupi empat aspek, yaitu privacy, integrity, authentication, dan availability. Selain hal di atas, ada dua aspek yang ada kaitannya dengan electronic commerce, yaitu access control dan non-repudiation.

1. Privacy / Confidentialityadalah usaha untuk menjaga informasi dari orang yang tidak berhak mengakses. Privacy lebih kearah data-data yang sifatnya privat sedangkan confidentiality berhubungan dengan data yang diberikan ke pihak lain untuk keperluan tertentu.
2. Integrity  Aspek ini menekankan Informasi tidak boleh
  diubah tanpa seijin pemilik informasi.
  Serangan : virus, trojan horse, atau pemakai lain yang mengubah informasi tanpa ijin merupakan contoh masalah yang harus dihadapi.
  Sebuah e-mail dapat saja “ditangkap” (intercept) di tengah jalan, diubah isinya (altered, tampered, modified), kemudian diteruskan ke alamat yang dituju.
Penanggulangan : Penggunaan enkripsi dan digital signature3. Authentication  Aspek ini berhubungan dengan metoda untuk
  menyatakan bahwa informasi betul-betul asli, orang yang mengakses atau memberikan informasi adalah betul-betul orang yang dimaksud, atau server yang kita hubungi adalah betul-betul server yang asli.
Penanggulangan :
1. membuktikan keaslian dokumen dengan teknologi watermarking dan digital signature. Watermarking dapat digunakan untuk menjaga “intelectual property”, yaitu dengan menandai dokumen atau hasil karya dengan “tanda tangan” pembuat.
2. access control, yaitu berkaitan dengan pembatasan orang yang dapat mengakses informasi.
4. Availability  Aspek availability atau ketersediaan berhubungan
  dengan ketersediaan informasi ketika dibutuhkan.
  Sistem informasi yang diserang atau dijebol dapat menghambat atau meniadakan akses ke informasi.
  Serangan :
  1. “denial of service attack” (DoS attack)
  2. mailbomb5. Access Control  Aspek ini berhubungan dengan cara pengaturan akses kepada informasi. Hal ini biasanya berhubungan dengan klasifikasi data (public, private, confidential, top secret) & user (guest, admin, top manager, dsb.),6. Non-repudiation  Aspek ini menjaga agar seseorang tidak dapat
  menyangkal  telah melakukan sebuah transaksi.
  Sebagai  contoh, seseorang yang mengirimkan email untuk
  memesan  barang tidak dapat menyangkal bahwa dia telah
  mengirimkan email tersebut.
  Penggunaan digital signature, certifiates, dan teknologi
  kriptografi secara umum dapat menjaga aspek ini. Akan
  tetapi hal ini masih harus didukung oleh hukum sehingga
  status dari digital signature itu jelas legal.


x

Komentar